Selasa, 08 November 2011

Peralatan yang dibutuhkan untuk berhubungan dengan internet adalah :
  1. Modem : Telepon mengeluarkan sinyal analog, sedang CPU komputer menghasilkan sinyal digital. agar saluran telepon yang ada bisa digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal digital, diperlukan peralatan yang disebut modem. Modem berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer kini banyak melengkapi dirinya dengan internal modem, artinya modem tersebut internal modem sudah merupakan satu bagian dari komputer itu sendiri. Dengan adanya modem ini, pemakai komputer tidak lagi perlu mengadakan modem tambahan untuk keperluan internet.
  2. Saluran telepon : Saluran telepon berfungsi untuk menyalurkan data yang telah diubah oleh modem dalam bentuk sinyal analog. Dengan adanya saluran ini, komputer dapat mengirim ataupun menerima data dari komputer lainnya. jika sebelumnya hanya ada saluran telepon jenis kabel, saat ini sudah banyak digunakan saluran telepon tanpa kabel. Kita bisa menggunakan jaringan GSM atau CDMA untuk koneksi ke internet.
  3. Provider : Sebuah perusahaan pelayanan internet, misalnya Telkom, Indosat, Telkomsel, atau yang lainnya. Pengguna internet harus membayar kepada salah satu provider yang ada untuk bisa menikmati layanan internet. Beragam cara pembayaran ditawarkan oleh provider dengan biaya berdasarkan volume pemakaian ( volume based ), atau waktu pemakaian ( time based ). Selain itu ada juga paket unlimited, yaitu dengan membayar sejumlah uang setiap bulan, pengguna bebas menggunakan internet tanpa batasan volume atau waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar