Jumat, 04 November 2011

Taekwondo optimis

JAKARTA- Timnas taekwondo Indonesia optimistis bisa mematahkan dominasi Thailand dan Vietnam pada SEA Games 2011, November mendatang. Itu setelah Indonesia mencetuskan Yayasan Universal Taekwondo Indonesia (YUTI), Senin malam (24/5) di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara.
Dengan hadirnya YUTI, Indonesia diyakini mampu mencetak banyak taekwondoin andal lantaran organisasi ini juga ikut melakukan pembinaan bagi pembentukan atlet berprestasi. ”Kami sangat memberikan apresiasi terhadap berdirinya YUTI.
Dan kami yakin mereka akan memberi nilai tambah bagi perkembangan olahraga taekwondo,” tutur Marciano Norman, Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PB TI), Senin (24/5) malam. Jenderal dengan 3 bintang di pundak itu menilai, kelemahan pembinaan taekwondo selama ini terletak pada induk olahraganya. Maklum, selama ini, PB TI yang jadi ujung tombaknya berjuang sendirian. Imbasnya, prestasi tim Merah Putih pun jeblok. Jangankan di level Asia, di SEA Games 2009 saja, Indonesia hanya bisa nangkring di posisi 5 besar dengan raihan 1 emas, 3 perak dan 6 perunggu. ”Nah, sekarang sudah ada YUTI.
Semakin banyak yang peduli kepada kami maka akan semakin lebih baik. Saya yakin, di SEA Games 2011, taekwondo bisa menyumbang tujuh emas,” tambahnya. Hal ini ikut diamini Ketua Umum YUTI, Joko Pramono. Peran YUTI, bagi dia, bukan merupakan rival PB TI. Tapi, lanjutnya lagi, sebagai bagian dari PB TI. ”Kami akan mendukung pembinaan olahraga taekwondo.
Bisa saja lewat agenda ujicoba tim pelatnas. Yang terpenting bagaimana membuat Merah Putih berkibar di ajang internasional,” timpalnya. Lioe Nam Khiong, penggagas YUTI juga ikut merasa gerah dengan seretnya prestasi tim Merah Putih. Dia mengaku siap bekerjasama dengan PB TI untuk terus memacu prestasi tinggi. ”Saya adalah orang yang hobi taekwondo.
Mudah-mudahan lewat YUTI, kami bisa membantu mendongkrak prestasi Indonesia,” harapnya. Di SEA Games 2011, taekwondo akan memperebutkan 21 emas. Masing-masing 8 emas dari nomor kyurugi pria dan wanita serta 5 medali emas dari nomor tunggal dan beregu pria dan wanita. Sisanya, akan diambil dari nomor pasangan poomsae. (ags)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar